MAZHAB – MAZHAB
PEMIKIRAN EKONOMI ISLAM KONTEMPORER
Dan
PERKEMBANGAN
PEMIKIRAN ISLAM KE BARAT
Makalah Ini Disajikan Untuk Memenuhi
Salah Satu Tugas Pada
Mata Kuliah Sejerah Pemikiran Ekonomi Islam.
Dosen pengampu:
Drs. Nur
Chamid,MM
Oleh :
M.
Asnal Matholib
M.
Yasin Fadholi
Moh.
Atho’ilah
Moh.
Sholeh
Moh.
Khotibul Umam
JURUSAN
SYARI’AH
PRODI EKONOMI
ISLAM
SEKOLAH TINGGI
AGAMA ISLAM NEGERI
(STAIN) KEDIRI
2012
MAZHAB – MAZAB PEMIKIRAN EKONOMI ISLAM KONTEMPORER
Agama islam hanyalah
satu, yaitu agama yang haq dari Allah SWT. Oleh karenanya tidaklah mengherankan
jika terdapat berbagai macam interpreatsi manusia tentang islam, termasuk
tentang masalah ekonomi dalam islam. Tetapi hal ini tidaklah mengurangi arti
eksistensi dan vitalitas islam. Justru merupakan keragaman yang digunakan untuk
memperkokoh islam. Dari sisi karakter dasar pemikiran ekonomi islam pada saat
ini, secara garis besar terdapat tiga mazhab ( corak pemikiran) utama yaitu :
A.
MAZHAB
BAQIR AS SADR
Ide
dasar yang pertama dari mazhab ini adalah bahwa terdapat perbedaan yang
mendasar antara ilmu ekonomi dengan islam, keduanya merupakan sesuatu yang
berbeda sekali. Ilmu ekonomi adalah ilmu ekonomi sedangkan islam adalah islam,
tidak ada yang disebut ekonomi islam. Menurut mereka islam tidak mengenal
konsep sumber daya ekonomi yang terbatas, sebab alam semesta ini maha luas.
Sehingga jika manusia bisa memanfaatkannya niscaya tidak akan pernah habis.
Untuk
itu mazhab ini mengusulkan istilah lain pengganti ekonomi yaitu iqtishad yang
berarti setara, selaras dan seimbang.implikasi lebih lanjut mereka menyusun
teori ekonomi yang sama sekali baru. Teori ini didasarkan pada Al Qur’an dan
Hadits sebagai sumber hukum islam tertinggi. Meskipun menganggap perlunya
perombakan mendasar dalam ilmu ekonomi, bukan berarti tidak perlu sama sekali
mempelajari ilmu ekonomi
B.
MAZHAB
MAINSTREAM
Mazhab
mainstream memiliki anggapan bahwa perbedaan utama antara ilmu ekonomi
konvensional dengan ekonomi islam adalah dalam hal cara mencapai tujuan. Mereka
menyetujui tentang pandangan konvensional bahwa masalah ekonomi muncul karena
adanya keterbatasan sumber daya ekonomi untuk memenuhi kebutuhan manusia yang
tidak terbatas. Dengan tetap memberikan pandangan kritis terhadap aspek – aspek
normative dalam ilmu ekonomi, mahzab mainstream memfokuskan pada cara mengelola
sumber daya yang terbatas dan keinginan manusia yangtidak terbatas.
Sesuai dengan namanya, maka mazhab mainstream mendominasi
khasanah pemikiran ekonomi islam dikarenakan pemikiran mereka lebih moderat serta
ide – ide mereka banyak ditampilkan dengan cara – cara ekonomi konvensional sehingga
lebih mudah diterima masyarakat. Selain itu kebanyakan tokoh merupakan staf,
peneliti, penasehat, atau setidaknya memiliki jaringan erat dengan lembaga –
lembaga regional dan internasional yang telah mapan sehingga dapat
mensosialisasikan gagasan ekonomi dengan baik.
C. MAZHAB
ALTERNATIVE
Mahzhab alternative mengajak umat islam
untuk bersikap kritis tidak saja pada kapitalisme dan sosialisme, tetapi juga
terhadap ekonomi islam yang saat ini berkembang. Terhadap pemikiran Baqir As
sadr mereka mengkritik bahwa langkah mereka justru tidak konstruktif dan
esensial, sebab mereka berusaha menemukan sesuatu yang baru yang seringkali
sebenarnya sudah ditemukan oleh orang lain, menghancurkan teori lama kemudian
membangun teori baru. Demikian pula mazhab mainstream, ia tidak lebih dari pada
pemikiran neoklasik dengan beberapa modifikasi, seperti menghilangkan riba,
menambahkan zakat serta memperbaiki niat.
Pemikiran ekonomi islam telah berkembang
dengan pesat sejalan dengan upaya untuk implementasinya. Zarqa telah
mengklasifikasikan konstribusi pemikiran ekonomi islam yang berkembang saat ini
kedalam 4 kategori yaitu :
a. Mereka
yang banyak menyumbang pemikiran dalam aspek normative system ekonomi iislam,
menemukan prinsip-prinsip baru dalam sitem tersebut, atau menjawan pertanyaan –
pertanyaan modern mengenai system tersebut.
b. Menemukan
asumsi – asumsi dan pernyataan – pernyataan positif dalam Al Qur’an dan As
sunnah yang relevan bagi ilmu ekonomi
c. Terdapatnya
pernyataan ekonomi positif yang dibuat oleh para pemikir ekonomi islam
d. Analisi
ekonomi dalam bagian system ekonomi islam dan analisis konsekuensi pernyataan
positif ekonomi islam mengenai kehidupan ekonomi.
Sementara
itu mazhab alternative yang dimotori oleh Prof. Timur Kuran memandang pemikiran
mazhab Bakir As Sadr berusaha menggali dan menemukan paradigma ekonomi islam
yang baru dan meninggalkan paradigma ekonomi konvensional, tetapi banyak
kelemahannya. Sedangkan mazhab mainstream merupakan wajah baru dari pandangan
Neo-klasik dengan menghilangkan unsur bunga dan mennambahkan zakat. Selanjutnya
mazhab alternative menawarkan suatu konstribusi dengan memberikan analisis
kritis tentang ilmu ekonomi bukan hanya pada pandangan kapitalisme dan
sosialisme (yang merupakan representrasi wajah ekonomi konvensionalo) melainkan
juga melakukan kritik terhadap perkembangan wacana ekonomi islam.
PERKEMBANGAN PEMIKIRAN ISLAM KEBARAT
A.Transformasi Pemikiran Ekonomi Dari Timur Ke Barat
Dari paparan sebelumnya sangat jelas karya sarjana muslim
mirip dengan pemikiran ekonom-ekonom barat .Mengapa hal itu terjadi?Jawabnya
ada beberapa kemungkinan jawaban,antara lain:
1.Terjadi dua kebetulan yang sama
2.Pemikir-pemikir barat sangat dipengaruhi oleh pemikiran sarjana muslim
3.Pemikir-pemikir barat melakukan Plagiat terhadap karya-karya sarjana
muslim
Hal diatas sangat jelas betapa superiornya para sarjana muslim,hal ini
dapat dilihat waktu ada dark age dengan jarak waktu yang sangat lama yakni
bermilyar-milyar detik.
Untuk mengamati
Transformasi pemikiran ilmu dunia islam kebarat ada beberapa hal:
1.Ilmuan Eropa belajar ke Spanyol dan Timur Tengah
2.Translasi dari bahasa Arab ke bahasa Inggris,Prancis,Spanyol,Catalonia
atau Latin
3.Kaum muslim bertempat tinggal menetap di andulisia yang berkembang pesat
seperti sevila dll
4. Penjajahan di Sisilia
5.Perang salib
6.Perdagangan
Pada abad ke 11 ini jelas
pertama kali didirikannya universitas islam,waktu itu banyak orang-orang barat
berbondong-bondong datang kedunia islam untuk belajar menuntut ilmu.Walapun
orang-orang barat atau kristen juga banyak mendirikan unuversitas. Tapi karena
kalah saingan dengan islam mereka terpengaruh oleh isslam baik
pengajaran,dosen,literatur.
Ahmad danAhwan
memyimpilkan bahwa seolah terjadinya pemisahan oleh pemikiran ekonomi islam dengan barat setidaknya diakibatkan dua
hal yaitu :
1.Jatuhnya bagdad oleh khan,banyak terjadi penurunan,bahkanstagnasi tradisi
intelektual dikalangan masyarakat islam
2.Dua abad negara islam yang dijajah oleh negara barat
B.Indikasi Plagiasi Pemikiran Sarjana Muslim Oleh Ilmuan Barat
Karena banyak karya
sarjana muslim yang berpidah didunia barat jadi sangat sulit untuk
diidentifikasi secara mendetail konsep pemikiran ekonomi muslih apa aja yang ditiru,dikembangankan,dijiplakerikut oleh ekonom barat .Berikut ini beberapa diantaranya:
1.Institusi atau mekanisme ekonomi-bisnis yang ditiru barat dari dunia
islam yaitu syirkah,suftaja,halawa,funduq
2.Banyaknya karya pemikir islam yang ditiru antara lain:
a.kitab al-amwal karya abu ubayd sama dengan bukunya adam
smith yang berjudul the wealth of nation
b.buku nahjul
Balaqhah karya imam ali sama dengan teori pareto optimum karya V pareto
c.kitab karya ibnu taimiyah sama dengan bad money drivers
out good money karya gresham law
d.bar hebraus menyalin ihya ulumuddin karya al ghozali
e.pendeta gereja menyalin banyak banyak kitab salah sati
ihya nya al ghozali
f.st thomas aquinas menyalin bab dari ibnu alfarabi dan
mempelajari pemikiran al ghozali
g.theori invisible
hands yang dibuat bapak ekonomi adam
smith ternyata meniru sabda nabi
mohammad
i.gresham telah mengabdosi teori ibnu taimiyah
Josep schumpeter mengatakan bahwa adanya jurang pemisah yang besar antara
pemikiran islam dengan dunia barat selama lima abad.Ini jelas bahwa eropa menyembunyikan
pemikiran-pemikiran ekonomi islam dan mereka kembangkan sehingga mereka
menganggap itulah milik mereka.Para ekonomi muslim mengakui terpengaruh oleh
tokoh yunani kuno seperti aristoteles.
Karya-karya ekonom islam
yang diterjemahkan oleh ekonom barat adalh karya-karya al kindi,al farabi, ibnu
sina, imam ghozali, ibnu rusdy,al khawirizmi,ibnu haythan,ibnu hazn,jabir ibnu
hayyan ,ibnu bajja,dan ar razi.
C. Sejarah membuktikan bahwa oara pemikir muslim merupakan penemu
ilmu-ilmu.
Pra pemikir klasik muslim tidak pernah terjebak untuk mengkotak-kotakkan
berbagai macam ilmu yang di lakukan oleh para pemikir saat ini. Mereka meliahat
ilmu-ilmu tersebut sebagai “ayat-ayat Allah” yang bertebaran di seluruh alam.
Para pemikir muslim memang melakukan klasifikasi terhadap berbagai macam ilmu,
tetapi yang di lakukan mereka adalah pembedaan, bukan pemisahan.
Ibnu Sina (980-1037 M), sebagai contoh, selain terkenal sebagai ahli
kedokteran,juga adalah ahli filsafat. Bahkan ia juga mendalami psikologi dan
musik. Al-Ghazali (1058 M- 505 H), selain banyak masalah-masalah fiqih (hukum)
, ilmu kalam (teologi), dan tasawuf, beliau juga banyak membahas masalah
filsafat, pendidikan, pesikologi, dan pemerintahan. Ibnu Khaldun (1332-1404 M)
selain banyak membahas masalah sejarah , juga banyak menyinggung
masalah-masalah sosiologi, antropologi budaya, ekonomi, geografi, pemerintahan,
pembangunan, peradaban, fisafat,
epistemologi, psikologi, dan juga
futorolgi.
Sayangnya tradisi pemikiran seperti
ini tidak berlanjut sampai sekarang karena mundurnya peradaban muslim di hampir
segala bidang kemunduran ini sebagian di sebabkan karena musuh dari luar
sebagian lagi disebabkan oleh sikap umat muslim sendiri.
Para pemikir islam sebenarnya telah memberikan kontribusi yang sangat
berarti dalam ilmu ekonomi modern dengan demikian teori ekonomi islam
sebenarnya bukan ilmu baru. Oleh karena itu sikap umat islam terhadap ilmu –
ilmu dari barat, termasuk ilmu ekonomi
versi “konvensional”, adalah la
tukadzibuhu jamii’a , wala tushahhihuhu jamii’a ( jangan tolak semuanya, dan
jangn pula terima semuanya ). Ekonomi muslim perlu mempunyai akses terhadap.
Kitab-kitab klasik Islam. Di lain pihak fuqaha’ Islam perli juga mempelajari
teori-teori ekonomi moderen agar dapat menerjemahkan. Kondisi ekonomi moderen
dalam bahasa kitab klasik Islam.
2 comments:
terimakasih untuk makalahnya, adakah sumber sejarahnya?
Halo Semuanya Saya Bu SAFRILITA dari INDONESIA, ALLAH telah memberkati saya dengan dua anak dan seorang suami yang penuh kasih, saya ingin membagikan Kesaksian saya karena ALLAH menyayangi saya, setahun yang lalu saya sangat membutuhkan uang jadi saya berpikir untuk memiliki pinjaman kemudian saya bertemu dengan orang yang salah yang mengaku sebagai pemberi pinjaman, tidak tahu bahwa mereka semua scam. Saya ditipu sebesar 25 juta, dan mereka menolak untuk mentransfer pinjaman saya kepada saya, mereka juga berhenti mengirim email kepada saya sejak itu. kemudian saya bingung, seluruh hidup saya hilang. suami saya jatuh sakit dan ada tagihan rumah sakit yang harus dibayar dalam jutaan, yang bisa saya pikirkan saat ini adalah sucide, teman saya bernama Evi datang menemui saya pada hari yang setia itu, dia juga menjadi korban penipuan, dia memberi tahu saya tentang konferensi yang diselenggarakan oleh ibu Nurliana Novi untuk memberdayakan perempuan dan laki-laki yang ingin membuat kekayaan, dia meminta saudara perempuannya untuk membantu saya mengurus suami saya dan anak-anak, jadi kami pergi untuk konferensi. Setelah semua motivasi berbicara, dia mengajukan pertanyaan kepada kami "APAKAH ANDA SIAP MENGAMBIL RESIKO DAN MEMBUAT KEKAYAAN" dengan berani di jemaat kecil itu saya berdiri dan berkata "YA" dan kami semua diminta untuk datang keesokan harinya dengan rencana bisnis , dia berkata kepada kami, " SAYA TIDAK AKAN MEMBERI ANDA UANG, SAYA AKAN MENGAJARKAN ANDA BAGAIMANA MENGAMBIL RISIKO DAN MENDAPATKAN UANG UNTUK BISNIS ANDA," dia berbicara tentang bagaimana dia mendapatkan pinjaman dan koneksinya melalui ELINA JOHNSON GLOBAL LOAN FIRM yang hebat, sebuah perusahaan pinjaman online, segera saya menjadi takut, teman saya mendorong dan kami menghubungi Perusahaan ibu Elina, seperti yang diarahkan oleh ibu Nurliana Novi dari konferensi, saya dan teman saya mulai memproses sementara ibu Novi telah kembali, beberapa hari kemudian saya menerima telepon dari teman saya memberi tahu saya bahwa dia menerima peringatan dari banknya, pinjamannya telah disetor, sudah terlambat sehingga saya tidak bisa pergi ke bank saya untuk mengkonfirmasi, di pagi hari peringatan datang, saya akhirnya mendapat pinjaman sebesar 843 juta dari ibu ELINA JOHNSON GLOBAL LOAN TETAP, setelah mengikuti proses hukum. kami diberi arahan untuk menyerahkan rencana bisnis kami dan meninggalkan uang di bank selama seminggu, kemudian ibu Novi menelepon meminta kami untuk bertemu lagi yang kami patuhi, kami sampai di tempat tersebut dan melihat orang asing dampak pada perdagangan dan investasi, kami diberi kuliah dan kontak untuk memulai investasi, dalam enam bulan melalui koneksi ibu Elina saya mulai impor dan hari ini saya dan suami saya telah mendirikan dua perusahaan besar senilai MILIAR. Saya ingin Anda semua tahu bahwa satu-satunya pemberi pinjaman sejati yang saya saksikan adalah ibu ELINA JOHNSON GLOBAL LOAN FIRM, hubungi mereka hari ini dan Anda akan mendapatkan perubahan positif dalam hidup Anda, ini emailnya elinajohnson22@gmail.com. Anda dapat menghubungi saya di email saya safrilita1988@gmail.com, untuk konfirmasi lebih lanjut, jika Anda meragukan saya, saya siap menunjukkan kepada Anda semua buktinya sehingga Anda akan tahu ini bukan hanya cerita.
Catatan, mereka banyak pemberi pinjaman palsu online untuk menipu Anda, merobek Anda dari uang hasil jerih payah Anda, harus dari mereka pergi sejauh membuat situs pribadi mereka hanya untuk menipu Anda, pinjaman yang mengarahkan Anda untuk mengunjungi situs web palsu, mereka semuanya penipu.
Jadi hubungi perusahaan ibu Elina sekarang dan pinjaman Anda akan ditransfer kepada Anda saat Anda mengikuti proses hukum, sekali lagi ini adalah emailnya elinajohnson22@gmail.com, ALLAH melihat hati saya dan dia tahu saya mengatakan yang sebenarnya dan tidak lain adalah kebenaran .
Post a Comment