ANALISIS HADITS RIWAYAT ABU DAUD
TENTANG JUAL BELI
DENGAN CARA SALAM
Oleh: ZAKIA FINNAFSI
- Hadits dan sanad dari 3 sumber
1. Riwayat Bukhari
السلم كتاب
فِيْ كَيْلٍ مَعْلُوْمٍ باب
السلم
2239 – حدثنا عمرُو
بِنُ زُراةَ، أَخبرَنا إسما عيلُ بنُ عَلىَّةَ، أخبرَنا ابنُ أبِى نَجِىحٍ، عن عبد
الله ابن كثير ، عن أبي المنهال ، عن ابن عباس رضي الّله عنهما قا ل : قدم رسول
الله صلى الله عليه وسلم المدينة والناس يسلفون في الثَمرِ العامَ والعامينِ – أو
قا لَ عا مَينِ أوثلا ثةً ، شَكَّ إسما عيىلُ- فقال :,, مَنْ أَسْلَفَ فِيْ تَمْرٍ
فَلْيُسْلِفْ فِيْ كَيْلٍ مَعْلُوْمٍ وَوَزْنٍ مَعْلُوْمٍ ،، حدثنا محمدً أَخبرَنا
إسما عيلُ عنِ ابنِ ابنُ أبِى نَجِىحٍ
بهذا . . (( فِيْ كَيْلٍ مَعْلُوْمٍ وَوَزْنٍ مَعْلُوْمٍ إِلَى أَجَلٍ مَعْلُوْمٍ
)) رواه البخاري في كتاب السّلم و باب السلم فِيْ كَيْلٍ مَعْلُوْمٍ
Artinya : Telah menceritakan
kepada kami 'Amru bin Zurarah telah mengabarkan kepada kami Isma'il bin
'Ulayyah telah mengabarkan kepada kami Ibnu Abi Najih dari 'Abdullah bin Katsir
dari Abu Al Minhal dari Ibnu 'Abbas radliallahu 'anhuma berkata: Ketika
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam tiba di Madinah orang-orang
mempraktekan jual beli buah-buahan dengan sistim salaf, yaitu membayar dimuka
dan diterima barangnya setelah kurun waktu satu atau dua tahun kemudian atau
katanya dua atau tiga tahun kemudian. Isma'il ragu dalam hal ini. Maka Beliau
bersabda: "Siapa yang mempraktekkan salaf dalam jual beli buah-buahan
hendaklah dilakukannya dengan takaran dan timbangan yang diketahui (pasti)
". Telah menceritakan kepada kami Muhammad telah mengabarkan kepada kami
Isma'il dari Ibnu Abi Najih seperti redaksi hadits ini: "dengan takaran
dan timbangan yang diketahui (pasti) ".
2. Riwayat Muslim
كتاب المسا قا ة
باب السلم
127 – (1604) حدثنا يَحْيَ
بْنُ يَحْيَ وَعَمْرٌو النَّاَقِدُ ( وَالَّلفْظُ لِيَحْيَ ) ( قال عَمْرٌو :
حَدَّثَناَ وَقال يَحْيَ : أَخْبَرَناَ سُفْيَانْ بنُ عُيَينَةَ ) عن ابن أبي نجيح
، عن عبد الله ابن كثير ، عن أبي المنهال عن ابن عباس ، قال : قدم رسول الله صلى
الله عليه وسلم المدينة وهم يسلفون في الثَّمارِ ، السَّنَةَ وَالسَّنَتَيْنِ فَقاَلَ (( مَنْ أَسْلَفَ
فِيْ تَمْرٍ فَلْيُسْلِفْ فِيْ كَيْلٍ مَعْلُوْمٍ وَوَزْنٍ مَعْلُوْمٍ إِلَى
أَجَلٍ مَعْلُوْمٍ ))
رواه مُسْلِمْ
في كتاب المسا قا ة وَ
باب السلم
Artinya
: telah menceritakan kepada kami Yahya bin Yahya dan ’Amrunnaqidu dan dalam lafat
Yahya, ‘Amrun berkata : telah menceritakan kepada kami dan Yahya berkata: telah
mengabarkan kepada kami Sufyan bin ‘Uyainah, dari Ibnu Najih dari Abdullah bin Katsir dari Abu Al Minhal dari Ibnu Abbas ia
berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam datang ke Madinah
sementara penduduk Madinah menghutangkan kurma selama satu tahun, dan dua tahun
Kemudian Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Barangsiapa
menghutangkan kurma, maka hendaknya ia menghutangkan dalam takaran yang
diketahui, dan timbangan yang diketahui serta tempo yang diketahui.
3. Riwayat Abu Daud
كتاب
البيوع
باب
في السلف
3463 – حدثنا عبد الله بن محمد النفيلي ، ثنا
سفيان ، عن ابن أبي نجيح ، عن عبد الله ابن كثير ، عن أبي المنهال ، عن ابن عباس ،
قال : قدم رسول الله صلى الله عليه وسلم المدينة وهم يسلفون في التمر السنة
والسنتين والثلاثة ، فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم (( مَنْ أَسْلَفَ فِيْ
تَمْرٍ فَلْيُسْلِفْ فِيْ كَيْلٍ مَعْلُوْمٍ وَوَزْنٍ مَعْلُوْمٍ إِلَى أَجَلٍ
مَعْلُوْمٍ )) رواه أبو داود في كتاب البيوع و باب في السلف.
Artinya
: Telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Muhammad An
Nufaili telah menceritakan kepada kami Sufyan dari Ibnu Najih dari Abdullah bin
Katsir dari Abu Al Minhal dari Ibnu Abbas ia berkata, "Rasulullah
shallallahu 'alaihi wasallam datang ke Madinah sementara penduduk Madinah
menghutangkan kurma selama satu tahun, dua tahun serta tiga tahun. Kemudian
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Barangsiapa
menghutangkan kurma, maka hendaknya ia menghutangkan dalam takaran yang
diketahui, dan timbangan yang diketahui serta tempo yang diketahui.
B. Skema sanad hadits dari sumber Abu Daud
![]() |
|||||||
![]() |
|||||||
![]() |
|||||||
![]() |
|||||||
![]() |
|||||||
![]() |
![]() |
||||||












![]() |
|||
![]() |


C. Penilaian kitab Jami’ Al – Shaghir
من أسلف في شيئ فليسلف في كيل معلوم
ووزن معلوم إلى أجل معلوم ( حم ق 4 ) عن ابن عباس ( صح )
Dalam kitab jami’us shagir keterangan mengenai
kualitas hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas mengenai salam yaitu Shahih,
akan tetapi dalam kitab Bukhari penyebutan katanya menggunakan lafadz في شيئ
akan tetapi
dalam kita sunan Abu Daud menggunakan lafadz في تمر . Hal ini
pada dasarnya intinya sama, hanya saja dalam kitab Bukhari penyebutan obyeknya
lebih umum dibandingkan dengan dalam kitab Muslim dan sunan Abu Daud. Yang mana
dalam kitab Muslim dan sunan Abu Daud obyeknya lebih khusus yaitu berupa kurma.
D.
Biografi periwayat dari
sumber Abu Daud
1.
Abu Al 'Abbas
·
Nama Lengkap : Abdullah
bin 'Abbas bin 'Abdul Muthallib bin Hasyim
·
Kalangan : Shahabat
·
Kuniyah : Abu Al 'Abbas
·
Negeri semasa hidup :
Marur Rawdz
·
Wafat : 68 H
2.
Abu Al Minhal
·
Nama Lengkap : Abdur
Rahman bin Muth'i
·
Kalangan : Tabi'in
kalangan pertengahan
·
Kuniyah : Abu Al Minhal
·
Negeri semasa hidup :
Marur Rawdz
·
Wafat : 106 H
3.
Abdullah bin Katsir
·
Nama Lengkap : Abdullah
bin Katsir
·
Kalangan : Tabi'in (tdk
jumpa Shahabat)
·
Kuniyah : Abu Ma'bad
·
Negeri semasa hidup :
Marur Rawdz
·
Wafat : 120 H
4.
Abi Najih
·
Nama Lengkap : Abdullah
bin Abi Najih Yasar
·
Kalangan : Tabi'in (tdk
jumpa Shahabat)
·
Kuniyah : Abu Yasar
·
Negeri semasa hidup :
Marur Rawdz
·
Wafat : 131 H
5.
Sufyan bin ‘Uyainah
·
Nama Lengkap : Sufyan
bin 'Uyainah bin Abi 'Imran Maimun
·
Kalangan : Tabi'ut
Tabi'in kalangan pertengahan
·
Kuniyah : Abu Muhammad
·
Negeri semasa hidup :
Kufah
·
Wafat : 198 H
6.
Abdullah bin Mohammad Naufal
·
Nama Lengkap : Abdullah
bin Muhammad bin 'Ali bin Nufail
·
Kalangan : Tabi'ul Atba'
kalangan tua
·
Kuniyah : Abu Ja'far
·
Negeri semasa hidup :
Jazirah
·
Wafat : 234 H
7.
Abu Daud
·
Nama Lengkap : Sulaiman bin al Asy'ats bin Ishaq bin Basyir bin Syadad
·
Kalangan : Mukharij
·
Kuniyah : Abu Daud
·
Negeri semasa hidup : as-sijistan tempat tinggal asli beliau dan tinggal di
Bashrah
·
Lahir : 202 H
·
Nama-nama Guru beliau :
1.
Ahmad bin Muhammmad bin
Hanbal as Syaibani al Bagdadi
2. Yahya bin Ma'in Abu Zakariya
3. Ishaq binIbrahin bin Rahuyah abu ya'qub al Hanzhali
4. Utsman bin Muhammad bin abi Syaibah abu al Hasan al Abasi al Kufi.
5. Muslim bin Ibrahim al Azdi
6. Abdullah bin Maslamah bin Qa'nab al Qa'nabi al Harits al Madani
7. Musaddad bin Musarhad bin Musarbal
8. Musa bin Ismail at Tamimi.
9. Muhammad bin Basar.
10. Zuhair bin Harbi (Abu Khaitsamah)
11. Umar bin Khaththab as Sijistani.
12. Ali bin Al Madini
13. Ash Shalih abu sarri (Hannad bin sarri).
14. Qutaibah bin Sa'id bin Jamil al Baghlani
15. Muhammad bin Yahya Adz Dzuhli
Dan masih banyak yang lainnya
2. Yahya bin Ma'in Abu Zakariya
3. Ishaq binIbrahin bin Rahuyah abu ya'qub al Hanzhali
4. Utsman bin Muhammad bin abi Syaibah abu al Hasan al Abasi al Kufi.
5. Muslim bin Ibrahim al Azdi
6. Abdullah bin Maslamah bin Qa'nab al Qa'nabi al Harits al Madani
7. Musaddad bin Musarhad bin Musarbal
8. Musa bin Ismail at Tamimi.
9. Muhammad bin Basar.
10. Zuhair bin Harbi (Abu Khaitsamah)
11. Umar bin Khaththab as Sijistani.
12. Ali bin Al Madini
13. Ash Shalih abu sarri (Hannad bin sarri).
14. Qutaibah bin Sa'id bin Jamil al Baghlani
15. Muhammad bin Yahya Adz Dzuhli
Dan masih banyak yang lainnya
· Nama-nama
Murid beliau :
1. Imam Abu 'Isa at Tirmidzi
2. Imam Nasa'i
3. Abu Ubaid Al Ajuri
4. Abu Thayyib Ahmad bin Ibrahim Al Baghdadi (Perawi sunan Abi Daud dari beliau).
5. Abu 'Amru Ahmad bin Ali Al Bashri (perawi kitab sunan dari beliau).
6. Abu Bakar Ahmad bin Muhammad Al Khallal Al Faqih.
7. Isma'il bin Muhammad Ash Shafar.
8. Abu Bakr bin Abi Daud (anak beliau).
9. Zakaria bin Yahya As Saaji.
10. Abu Bakar bin Abi Dunya.
11. Ahmad bin Sulaiman An Najjar (perawi kitab Nasikh wal Mansukh dari beliau).
12. Ali bin Hasan bin Al 'Abd Al Anshari (perawi sunan dari beliau).
13. Muhammad bin Bakr bin Daasah At Tammaar (perawi sunan dari beliau).
14. Abu 'Ali Muhammad bin Ahmad Al Lu'lu'i (perawi sunan dari beliau).
15. Muhammad bin Ahmad bin Ya'qub Al Matutsi Al Bashri (perawi kitab Al Qadar dari beliau).
2. Imam Nasa'i
3. Abu Ubaid Al Ajuri
4. Abu Thayyib Ahmad bin Ibrahim Al Baghdadi (Perawi sunan Abi Daud dari beliau).
5. Abu 'Amru Ahmad bin Ali Al Bashri (perawi kitab sunan dari beliau).
6. Abu Bakar Ahmad bin Muhammad Al Khallal Al Faqih.
7. Isma'il bin Muhammad Ash Shafar.
8. Abu Bakr bin Abi Daud (anak beliau).
9. Zakaria bin Yahya As Saaji.
10. Abu Bakar bin Abi Dunya.
11. Ahmad bin Sulaiman An Najjar (perawi kitab Nasikh wal Mansukh dari beliau).
12. Ali bin Hasan bin Al 'Abd Al Anshari (perawi sunan dari beliau).
13. Muhammad bin Bakr bin Daasah At Tammaar (perawi sunan dari beliau).
14. Abu 'Ali Muhammad bin Ahmad Al Lu'lu'i (perawi sunan dari beliau).
15. Muhammad bin Ahmad bin Ya'qub Al Matutsi Al Bashri (perawi kitab Al Qadar dari beliau).
·
Wafat : beliau meninggal di Busrah, pada hari jum'at tanggal 16 bulan syawwal tahun 275
hijriah, berumur 73 tahun
E.
Analisis kualitas periwayat dan
persambungan sanad
a.
Analisis kualitas periwayat hadits
dari sumber Abu Daud dapat dilihat dari penilaian para ulama’ sebagai berikut :
PERIWAYAT
|
ULAMA’
|
PENILAIAN
|
Abu Al 'Abbas
|
Ibnu Hajar Al Atsqalani
Adz Dzahabi
|
Shahabat
Shahabat
|
Abu Al Minhal
|
Ibnu Hibban
Abu Zur'ah
Yahya bin Ma'in
Ad Daruquthni
Al 'Ajli
Abu Hatim
Ibnu Sa'd
Ibnu Hajar al 'Asqalani
Adz Dzahabi
|
disebutkan dalam 'ats tsiqaat
Tsiqah
Tsiqah
Tsiqah
Tsiqah
Tsiqah
Tsiqah
Tsiqah
Masyhur
|
Abdullah bin Katsir
|
Muhammad bin Sa'd
Ibnu Hajar
Adz Dzahabi
|
Tsiqah
Shadiq
Tsiqah
|
Abi Najih Yasar
|
Yahya bin Ma'in
Abu Zur'ah
An Nasa'i
Abu Hatim
Ibnu Sa'd
Ibnu Hibban
Al 'Ajli
Ibnu Hajar al 'Asqalani
|
Tsiqah
Tsiqah
Tsiqah
shalihul hadits
Tsiqah
disebutkan dalam 'ats tsiqaat
Tsiqah
tsiqah tapi tertuduh murji'ah
|
Sufyan
|
Ibnu Hibban
Al 'Ajli
Adz Dzahabi
Adz Dzahabi
Adz Dzahabi
|
Hafidz mutqin
Tsiqah tsabat dalam hadits
Ahadul A'lam
Tsiqah Tsabat
Hafidz imam
|
Abdullah bin Muhammad bin Nufail
|
An Nasa'i
Ad Daruquthni
Ibnu Hajar
Adz Dzahabi
|
Tsiqah
tsiqah ma`mun
tsiqoh hafidz
Hafizh
|
Abu Daud
|
Abdurrahman bin Abi
Hatim
Imam Abu Bakr Al
Khallal
Ibnu Hibban
Musa bin Harun
Al Hakim
Imam Abu Zakaria Yahya bin Syaraf An
Nawawi.
Abu Bakr Ash Shaghani
Adz Dzahabi
|
Tsiqah
imam yang dikedepankan pada zamannya.
imam dunia dalam
bidang ilmu dan fiqih.
Abu Daud diciptakan di
dunia untuk hadits dan di akhirat untuk Syurga, dan aku tidak melihat
seorangpun lebih utama daripada dirinya.
Abu Daud adalah imam
bidang hadits di zamannya tanpa ada keraguan.
Para ulama telah sepakat memuji Abu Daud dan mensifatinya dengan ilmu
yang banyak, kekuatan hafalan, wara', agama (kesholehan) dan kuat pemahamannya
dalam hadits dan yang lainnya.
Hadits dilunakkan bagi Abi Daud sebagaimana besi dilunakkan bagi Nabi
Daud
Abu Daud dengan keimamannya dalam hadits dan ilmu-ilmu yang
lainnya,termasuk dari ahli fiqih yang besar,maka kitabnya As Sunan telah
jelas menunjukkan hal tersebut.
|
b.
Sedangkan persambungan sanad dapat
dianalisis menggunakan uraian struktur hadits
TAKHRIJ HADITS RIWAYAT ABU DAUD
Matn
Hadits
مَنْ
أَسْلَفَ فِيْ تَمْرٍ فَلْيُسْلِفْ فِيْ كَيْلٍ مَعْلُوْمٍ وَوَزْنٍ مَعْلُوْمٍ
إِلَى أَجَلٍ مَعْلُوْمٍ
Topik Hadits
السلف
Periwayatan
No. Urut Sanad
|
No. Urut Perawi
|
Nama Perawi
|
Bentuk Periwayatan
|
Nara Sumber
|
6
5
4
3
2
1
Mukharij
|
1
2
3
4
5
6
7
|
ابن عباس
أبي المنهال
عبد الله ابن كثير
ابن أبي نجيح
سفيان
عبد الله بن محمد النفيلي
أبو داود
|
قَالَ
عَنْ
عَنْ
عَنْ
عَنْ
ثنا
حَدَّثَنَا
|
رسول الله
صل الله عليه وسلم
|
- Isi sighat hadits tentang jual beli
dengan cara salam
Salam dengan
membaca fatah huruf sin dan huruf lam adalah menangguhkan pembayaran
terhadap barang yang hendak dibeli. Jika kalimat ini menggunakan huruf mim (al-salam),
maka ia mengikut bahasa masyarakat Iraq, namun jika menggunakan huruf fa (al-salaf)
maka ia mengikut bahasa masyarakat Hijaz. Menurut syari’at, salam adalah
menjual barang yang belum dimiliki dengan menggambarkan sifat-sifat dan
jenisnya.
Makna Hadith
Masa terus berjalan
sementara usaha memiliki waktu-waktu tersendiri. Seseorang memiliki tanggung
jawab untuk memenuhi keperluan keluarganya dan manusia sentiasa memerlukan
sesutu untuk memenuhi keperluannya. Oleh itu, mereka memerlukan satu sistem
untuk memenuhi keperluan mereka dengan mengharuskan pinjaman, salam dan
gadai. Semua ini bertujuan untuk meringankan beban hidup manusia ketika
berdepan
dengan situasi yang
sukar. Oleh kerana peminjam dan orang yang memberi pinjaman sering kali
bertelingkah mengenai waktu pembayaran dan barang yang mesti diserahkan,
syariat Islam telah pun menetapkan beberapa perkara bagi mengelakkan kerugian
dan permusuhan daripada berlaku dengan tetap mengekalkan hukum harus untuk
membuat pinjaman, salam dan gadai. Jadi, Islam mewajibkan untuk
menetapkan timbangan, sukatan dan waktu dimana hutang tersebut wajib dibayar
oleh peminjam di samping ketentuanketentuan lain yang berkaitan dengannya.
Analisis Lafaz
“ قدم
النبي صلى الله عليه وسلم المدينة ”, peristiwa ini
terjadi ketika baginda berhijrah.
“ يسلفون
”, mereka mengadakan jual beli dengan satu sistem di mana harga
ada di tangan pembeli.
"
السنة والسنتين
", ungkapan ini sekadar menunjukkan kebiasaan, kerana tidak ada
larangan untuk menaikkan tempoh melebihi waktu-waktu yang telah disebutkan itu.
Malah dalam satu hadith yang diriwayatkan al-Bukhari disebutkan: “Dua atau tiga
tahun.” Dalam riwayat lain disebutkan: “Mereka meminjam hingga dua atau tiga
tahun." " في
تمر, ungkapan ini hanya sekadar menunjukkan kebiasaan, kerana al-Hafiz
Ibn Hajar meriwayatkan hadith lain oleh al-Bukhari: “Barang siapa yang meminjam
sesuatu.” Lafaz hadith ini lebih bersifat umum.
"
ووزن معلوم
", huruf waw di sini bermakna aw (atau). Dengan
erti kata lain, memadailah dengan menggunakan salah satu di antara keduannya itu.
Malah salam riwayat yang lain ditegaskan perkara yang serupa. Takaran dan
timbangan di sini hanya sekadar menunjukkan kebiasaan. Ia boleh digantikan
dengan penjumlahan, misalnya atau penjumlahan yang digabungkan dengan takaran
atau timbangan secara sekali gus.
"
إلى أجل معلوم
", syarat ini disandarkan kepada salah satu di antara dua perkara
sebelum ini, bukan kepada kedua-duanya sekali gus.
Fiqh
Hadith
1.
Islam memperakui beberapa sistem perekonomian yang berlaku pada zaman jahiliah,
tetapi ditambahkan adanya beberapa syarat dan ketentuan.
2.
Boleh meminjamkan suatu barang. Ulama telah pun telah bersepakat terhadap
pendapat ini kecuali satu pendapat yang diriwayatkan daripada Ibn al-Musayyab.
Meskipun mereka bersepekat bahawa ia disyariatkan, namun ulama berselisih
pendapat tentang beberapa syarat dan ketentuan yang berbeda dengan
syarat-syarat jual beli
antara
lain adalah sebagai berikut:
a.
Menyerahkan modal di dalam satu majlis. Jika mereka berpisah sebelum diadakan
serah terima, maka jual beli ini tidak sah, kerana jual beli ini sama dengan
jual beli hutang dengan hutang yang diharamkan di sisi syari’at.
b.
Mengetahui dengan jelas keadaan dan keberadaan modal atau barang, kerana sudah
menjadi kebiasaan untuk mengetahui keadaan barang sebelum menyerahkannya. Jika
seseorang menyerahkan barang yang berada di dalam bungkusan sedangkan dia tidak
melihatnya atau tidak mengetahuinya, maka jual beli itu dinyatakan tidak sah.
Ini berdasarkan kesepakatan ulama.
c.
Barang yang bakal diserahkan hendaklah dapat diukur dengan takaran, timbangan
atau hitungan, bukan barang yang sebaliknya. Ini berdasarkan kesepakatan ulama.
d.
Jumlah dan ukurannya disebutkan dengan jelas seperti jumlah barang yang hendak
diserahkan. Jika benda tersebut belum dapat dihitung, maka sifat dan keadaan
barang tersebut wajib disebutkan dengan jelas baik menggunakan sistem timbangan
atau takaran, seperti buah delima dan lain-lain, tetapi hokum ini kembali
kepada kebiasaan dan sistem yang berlaku di suatu daerah. Jika mereka hanya
menggunakan timbangan, maka ukurannya mestilah mengikut sistem yang berlaku.
Jika seseorang yang melakukan salam terhadap yang ditimbang bukan ditakar atau
sebaliknya, maka ulama mazhab Syafi’i dan
mazhab
Hanbali dalam masalah ini ada dua pendapat. Pendapat yang paling sahih mengatakan
ia dibolehkan.
e.
Meyebutkan waktu pembayaran. Jadi transaksi dinyatakan batal jika tempo tidak
disebutkan dengan jelas. Ini berdasarkan kesepakatan ulama. Jika tempo
pembayaran ditentukan dengan waktu yang masih bersifat umum, misalnya
pembayaran dilakukan sampai waktu dipetik/dituai pada masa yang akan datang,
misalnya, maka Ibn Umar, Imam Malik, Imam Ahmad dalam satu riwayat yang
kemudian menjadi pilihan ulama mazhab Hanbali membolehkannya, sementara Ibn
Abbas dan jumhur ulama melarang sistem seperti ini.
f.
Barang yang ingin diserahkan mesti wujud ketika ia hendak diserahkan pada waktu
yang telah ditentukan.
g.
Orang yang meminjamkan mestilah memiliki dan mampu mendatangkan barang yang
diinginkan. Syarat ini dikemukakan oleh sesetengah ulama.
2 comments:
boleh kirim artikel ini ke email saya???
Boleh kirim artikel ini ke email saya gak ka🙏🙏
Post a Comment